Home » » Pahala Sedekah

Pahala Sedekah

“Seandainya nilai dunia ini di sisi Allah sama nilainya dengan sayap seekor nyamuk, niscaya Allah tak akan memberi minum kepada orang kafir walau seteguk air pun” (HR. At-Tirmidzi).
 
Bumi dan segala isinya sangat kecil nilainya di mata Allah. Kecil nilainya bahkan tak sebanding dengan nilai satu sayap nyamuk pun. Sehingga maunya tidak ada hamba yang merasa rugi menyisihkan sedikit dari yang didapat dari dunia ini untuk sedekah.  Apalagi sedikit sedekah  yang diberikan dengan hati yang ikhlas oleh seseorang hamba, begitu besar maknanya di mata Allah.

Apalagi sedekah di saat diri sendiri sedang sangat membutuhkannya. Hal ini menunjukkan betapa besar penghargaan Allah untuk setiap perbuatan baik yang dilakukan hamba-hambaNya. Padahal sedekah yang diberikan manusia juga berasal dari karunia Allah yang ditebarkan di muka bumi ini setiap hari. Kalau Allah berkehendak, bisa saja tidak dihargai. Tapi Allah Maha Penyayang, yang sangat menghargai hamba-hambaNya yang mau bekerja mencari rezeki dan menyisihkan sebahagiannya untuk disedekahkan.

Bahkan, pahala sedekah bisa didapat dengan menafkahi diri sendiri dan anggota keluarga sendiri. Sebagaimana “Barangsiapa menginfakkan harta untuk diri sendiri dengan maksud menjaga kehormatan diri, maka hal itu adalah termasuk amal sedekah. Dan barangsiapa menginfakkan hartanya untuk kepentingan anak, istri, dan keluarga yang menjadi tanggungannya, maka hal itu adalah termasuk amal sedekah” (HR. Ahmad).

Namun demikian, harta yang bernilai sedekah tentunya yang halal.  Sedangkan harta haram tidak akan pernah diterima sebagai sedekah. 

1 komentar:

jadilah komentator yang berakhlak mulia,.

Diberdayakan oleh Blogger.